Keledang, Buah khas Kaltim yang Kian Langka dan Terlupakan

Buah Keledang termasuk buah langka bumi Kalimantan. Seperti buah-buah hutan lainnya, keledang merupakan buah yang mulai terlupakan seiring dengan habisnya hutan-hutan alami. Pohonnya dapat menjulang tinggi mencapai 30 meter dan berdaun lebar dan sedikit berbulu. Pohon keledang dapat berbuah sejak 5 tahun setelah tanam. Tumbuh diberbagai jenis tanah dan umumnya dihutan tropis dan penuh dengan humus. Buah Keledang (Artocarpus lancifolius Roxb) termasuk Famili Moraceae (suku nangka-nangkaan). Kerabat dekatnya buah Mentawa, Kluwih, Pintau, Cempedak, Sukun, Selanking, Benda, dan Nangka.

Buah Keledang rasanya manis dan daging buahnya terpisah dari bijinya seperti nangka. Sensasi rasanya merupakan campuran antara nangka dan manggis. Warna kulit buahnya jingga kemerahan dan bentuk buahnya seperti cempedak. Buah keledang termasuk salah satu buah buahan eksotis hutan Kalimantan (Borneo) yg tumbuh merata di seluruh daratan pulau ini.

Bersyukur, ketika musim buah pada Desember ini di Kota Samarinda, masih banyak penjaja buah dipinggir jalan yang menjualnya. Buah sebesar genggaman tangan orang dewasa dijual dengan harga Rp. 2500 per buahnya. Sungguh harga yang murah untuk buah yang sudah jarang ditemukan ini.

Pelestarian Pohon Keledang belum mendapat perhatian, begitupun dengan buah buah eksotis hutan Kalimantan lainnya. Padahal potensi tumbuhnya sangat mudah dengan perbanyakan melalui biji yang disemai.

Sumber : Vivaborneo dan Wikipedia Indonesia (dengan perubahan seperlunya)



Foto 1 : Biji dan Daging Buah Keledang




Foto 2 : Isi Buah Keledang




Foto 3 : Tumpukan Buah Keledang di Pasar Harapan Baru, Samarinda (19 Januari 2010)

Komentar

  1. Biasax d samarinda d jual d mana... Aq ngidam buah keledang belum dapat2 sampai hamil ank kedua... Mohon infonya ya...;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru membalas.
      Terakhir kali saya lihat PKL yang menjual buah-buahan di Jl. MT Haryono (Rawa Indah) Air Putih pada Januari 2012 lalu. Berlimpah sekali. Mungkin tahun depan ada lagi.

      Hapus
  2. om ....klo beli bibit barang 1 - 2 poon mah yg dicangkok. dimana ya klo di bandung jabar sapa tau ada he ....sbb penasaran pengen nanaem sapa tau idup mantaf kek na buah na

    manszxc@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di Bandung sepertinya tak mungkin ada karena buah ini adalah buah asli Kalimantan.

      Jika diperlukan, akan saya cari di mana penjual bibit keledang di Samarinda.

      Hapus
    2. Mas, apakah ada yang menjual bibit pohon ini?

      Hapus
  3. Om..kalao mau beli bibit bibit buah khas Kalimantan dimana ya? Saya tertarik sekali ingin menanam sekalian ikut melestarikan hutan...coz bumi kita sudah mengkhawatirkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya di Jalan Lintas Samarinda-Balikpapan (desa Batuah, Loa Janan) terdapat banyak penjual bibit buah khas Kalimantan (misalnya Lai).

      Hapus
    2. apakah bisa saya mendapatkan bijinya?

      Hapus
    3. @joko: Bisa saja, pak, ketika Anda membeli buahnya, 'kan di dalam ada bijinya.

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Kalau mau beli buahnya d mana mas..d Jakarta ada gak
    .

    BalasHapus
  6. Kalau mau beli buahnya d mana mas..d Jakarta ada gak
    .

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Menghilangkan Latar Belakang (Background) Putih pada Gambar/Foto dengan Corel PHOTO-PAINT X6

Doa Ketika Memakai dan Melepas Pakaian

Lia, Kakak Angkat Obama yang Tidak Diakui