Lia, Kakak Angkat Obama yang Tidak Diakui

Anda mengenal Lia Soetoro? Lia Soetoro namanya sempat mencuat setelah Barack Obama memenangi pemilihan umum Amerika Serikat. Rumahnya pun langsung ramai wartawan.

Bagaimana tidak, Lia yang tinggal Cibadak, Sukabumi, Jawa Barat, ini tiba-tiba mengaku mendapat undangan khusus menghadiri pelantikan Obama di Washington DC pada 20 Januari 2009.

Undangan ini, bagi Lia adalah wajar. Sebab, semasa kecilnya dia pernah diangkat oleh ayah tiri Obama sebagai anak.
Lia, yang dalam akta lahirnya bernama Liah, mengaku pernah menjadi pengasuh Obama kecil sewaktu berada di Jakarta.
Setelah mengepak pakaian dan berangkat ke Jakarta, ternyata pihak keduataan besar Amerika Serikat menyatakan tidak pernah mengundang Lia. Lia pun akhirnya batal ke Amerika dan pulang ke Sukabumi.

Sementara itu, adik Presiden Obama, Maya Soetoro Ng, justru membantah bila perempuan bernama Lia -yang dikenal dengan sebutan Mbak Non- adalah saudara angkat Barack Obama saat masih tinggal di Indonesia.

"Selama hidup saya, saya tidak pernah mengenal nama Lia," demikian kata Maya dalam bahasa Indonesia yang cukup lancar kepada VOA Indonesia, yang disiarkan oleh ANTV, Rabu 21 Januari 2009.

Maya mengatakan bahwa Lia, yang tinggal di Sukabumi, tidak pernah diadopsi oleh ayah kandungnya, Lolo Soetoro. Maya pun meragukan kabar kalau keluarganya pernah mengundang Lia ke Hawaii. "Kalau benar dia pernah ke Hawaii, pasti nenek saya akan ingat," kata Maya yang kembali melanjutkan jawabannya dalam bahasa Inggris.

Menurut perempuan kelahiran Jakarta, 15 Agustus 1970 tersebut, mendiang neneknya mengatakan bahwa kunjungan Lia ke Hawaii itu tidak pernah terjadi. Bahkan Barack dan sepupu-sepupu mereka juga tidak pernah menyinggung ada yang bernama Lia dalam keluarga mereka.

"Saat saya menyinggung hal itu kepada Barack, dia tidak pernah ingat. Kami belum pernah mendengar cerita tentang dia (Lia). Dia pun tidak ada dalam foto keluarga," kata Maya, yang merupakan anak kandung Lolo Soetoro dari hasil pernikahannya dengan Ann Dunham, ibu kandung Obama.

Maya diberitahu bahwa ada orang yang menggunakan nama Soetoro. Masalahnya, "bagi saya itu adalah nama yang sakral dan itu adalah nama ayah saya jadi saya tidak mau dia (Lia) menggunakan nama itu karena tidak berhak," kata Maya saat menerima kunjungan keluarga besarnya dari Jakarta, sehari setelah pelantikan Obama.

Menanggapi pernyataan Maya, Lia berujar, "Maya waktu pergi dari Indonesia berumur 2 tahun jadi pasti dia tidak ingat. Tapi saya ikut ke rumah sakit waktu Maya dilahirkan," kata Lia.

Saya serahkan kepada Allah. Kalaupun dia nggak kenal saya, tidak ada masalah biasa saja. Saya cukup bahagia. Pokoknya saya nggak apa-apa," kata Lia. Bahkan "mungkin dia (Obama) malu punya saudara miskin seperti saya," ungkap Lia.
Lia Soetoro meninggal dunia pada Kamis 25 Februari 2010.

Lia meninggal dunia di rumahnya di Kampung Babakan Banten, Desa Sukasirna, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat hanya beberapa pekan sebelum Obama datang ke Indonesia.
"Meninggalnya sekitar jam 06,00. Dia memang sudah lama mengidap darah tinggi. Terakhir tekanan darahnya sampai 240," kata Heny, putri Lia Soetoro, kepada VIVAnews, Jumat 26 Februari 2010.
Anak perempuannya, Heny, mengaku ibunya sering mengutarakan keinginannya bertemu Obama. Dia ingin mengenang saat masa kecil Obama, dengan makan gado-gado bersamanya.
Heny mengaku ibunya tak punya wasiat, tapi dia sering mengutarakan keinginannya bertemu Obama.

"Ingin bertemu Obama, mengenang masa kecil, makan gado-gado bareng sama Obama. Dia selalu semangat menceritakan keinginannya," kata Heny.
Tapi, tambah dia, Lia juga khawatir Obama tak mau menemuinya. "Kalau saya sendiri, terus terang, takut ada masalah," cerita Heny.

Dijelaskannya, Lia meninggal usai diwawancara media tentang rencana kedatangan Obama ke Indonesia.

"Ketika diwawancara media, dalam keadaan segar bugar. Waktu pengajian dia buru-buru pulang karena ada wawancara. Selesai wawancara tiba-tiba dia jatuh tengkurap," kata Henny. Hingga akhir hidupnya, Lia masih berharap bisa bertemu adik angkatnya. Keinginan itu tak terpenuhi, bahkan, lebih parah lagi, status Lia sebagai kakak angkat pun tidak diakui keluarga Obama.

Dari berbagai sumber.
Tautan Terkait : http://www.youtube.com/watch?v=as5t6tBC-GA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Menghilangkan Latar Belakang (Background) Putih pada Gambar/Foto dengan Corel PHOTO-PAINT X6

Doa Ketika Memakai dan Melepas Pakaian