Wikipedia bahasa Banjar

Ensiklopedia. Ketika terngiang kata itu, kita langsung berpikir mengenai ilmu pengetahuan. Pada mulanya, pengertian ensiklopedia yang umum adalah sebuah buku yang memuat berbagai ilmu pengetahuan apapun itu. Namun, di era yang serba canggih ini, ensiklopedia bisa diartikan secara luas-dalam hal ini, internet-. Ensiklopedia online (baca:daring, dalam jaringan) terbesar dan terpopuler di dunia adalah Wikipedia (lihat asal mula dan sejarah berkembangnya Wikipedia di situs resminya) yang berdiri pada tahun 2001. Tentu saja, Wikipedia itu berbahasa Inggris karena asalnya dari Amerika Serikat. Namun, seiring oleh waktu, Wikipedia juga meluncurkan bahasa-bahasa lain di belahan dunia lain sampai pada tahun 2006, terbentuklah Incubator Wikimedia, yang juga termasuk dalam proyek Wikimedia Foundation (yayasan yang menaungi Wikipedia dan proyek-proyek lainnya) yang bertujuan agar para pengguna internet bisa membuat Wikipedia (dalam perkembangan selanjutnya juga bisa dibuat Wiki-wiki lainnya) dalam bahasa ibu mereka sendiri.

Kali ini saya akan membahas mengenai sebuah kalimat berbunyi “Ensiklopedia berbahasa Banjar”. Hmmm… barangkali bagi Anda, orang Banjar atau yang bisa berbahasa Banjar (utamanya sebelum tahun 2009) pasti akan mengernyitkan dahi. Sepengetahuan mereka, belum ada ensiklopedia berbahasa Banjar. Yang ada paling hanya bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa-bahasa berpenutur mayoritas lainnya di dunia. Namun, kecanggihan internet bisa mewujudkan itu bahwa biar pun ensiklopedia cetak berbahasa Banjar memang belum ada, tetapi ensiklopedia online berbahasa Banjar ada. Ya, berawal dari Incubator Wikimedia, Wikipedia berbahasa Banjar akan terwujud dan situsnya akan segera dirilis.

Sejarah


Awal mula Wikipedia berbahasa Banjar (selanjutnya saya akan singkat menjadi WBB) adalah ketika pertama kalinya sebuah halaman proyek Wikipedia untuk bahasa Banjar dibuat pada November 2008 oleh seorang pengguna bernama Jose77 (dikenal sering membuat proyek Wiki bahasa rintisan). Seiring dengan waktu, para pengguna internet berbahasa Banjar yang mengetahui bahwa sedang ada proyek ensiklopedia online bahasa Banjar, mulai berkontribusi. Orang pertama yang berkontribusi dalam proyek Wikipedia bahasa Banjar adalah seorang pengguna berakun Alamnirvana (mengaku asal Banjarmasin, ya cucuk haja am). Alamnirvana yang sebelumnya aktif terus di Incubator WBB perlahan tapi pasti vakum sehingga Incubator WBB terlantar untuk beberapa bulan lamanya. Hingga pada bulan Februari 2010, Incubator WBB kembali diaktifkan kontribusinya oleh seorang pengguna Wikipedia bahasa Indonesia berakun Ezagren yang mengetahui bahwa ada proyek WBB di Incubator setelah membuka artikel Bahasa Banjar di Wikipedia berbahasa Indonesia. Karena ada semacam “tag” bahwa ada proyek WBB, maka Ezagren berkunjung ke situ. Selama beberapa minggu, dia menjadi kontributor paling aktif di Incubator WBB hingga beberapa bulan kemudian kontribusinya melebihi pengguna lain yang lebih dahulu, seperti Alamnirvana. Melihat kondisi itu, Alamnirvana yang sebelumnya vakum menjadi kembali bergairah untuk berkontribusi di Incubator WBB dan seperti berlomba membuat artikel berbahasa Banjar dengan Ezagren. Pada akhir bulan Juni 2010, datanglah satu pengguna yang terbilang lama tidak aktif (sekitar 3 tahun) berpenutur bahasa Banjar bernama Jauhari Subhi. Dia pun ikut berkontribusi di proyek WBB meski hanya sedikit, namun itu berarti juga. Akhirnya setelah dirasa kontribusinya cukup, maka pada tanggal 25 September 2010, proyek WBB diterima proposalnya oleh Wikimedia Foundation dengan 356 artikel dan 5 pengguna aktif (3 pengguna super-aktif dan 2 pengguna remang karena hanya sedikit berkontribusi, yaitu Datu Panglima Alai dan Jiwa Matahari). Kini WBB tinggal menunggu perilisan situsnya.

Wahai urang Banjar wan sagala pamandir-pamandirnya, ba’arai-himunglah ikam karana insiklupidia babahasa Banjar akan sagara diluncurakan. Insiklupidia babasis Online ini jua hingkat diartiakan bahua Bahasa Banjar dapat lastari sampai akhir jaman kaina.

Ucapan Terima Kasih kepada:
* Jose77, perintis halaman rintisan WBB
* Alamnirvana, kontributor penutur Banjar pertama
* J Subhi, kontributor WBI dan Incubator WBB, paling banyak untuk translatewiki.net yang diperuntukkan bagi penerjemahan situs Wikipedia ke bahasa Banjar
* Kenrick95, yang sudah membantu membuatkan logo WBB
* Meursault2004, mengucapkan selamat atas diterimanya proyek WBB
* Kamus Bahasa Banjar oleh Pemkab Tabalong (gasan manggagai kusa kata)
* Kamus Bahasa Banjar Kuala oleh Arsyad Indradi (gasan manggagai kusa kata)

Dan pihak-pihak lainnya yang tidak bisa disebutkan satu per satu.

Komentar

  1. Terima kasih sudah menyebutkan nama saya di bagian "ucapan terima kasih".

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Menghilangkan Latar Belakang (Background) Putih pada Gambar/Foto dengan Corel PHOTO-PAINT X6

Doa Ketika Memakai dan Melepas Pakaian

Lia, Kakak Angkat Obama yang Tidak Diakui