Doa Sebelum Tidur dan Bangun Tidur

Kita manusia sebagai makhluk Allah yang lemah seharusnya selalu berdo'a sebelum tidur dan sesudah tidur. Tidur merupakan proses alami tubuh dan merupakan salah satu nikmat yang diberikan Allah pada manusia, di mana dalam tidur merupakan istarahat terbaik bagi anggota tubuh kita. Setelah tidur tubuh jadi segar dan siap memulai aktivitas kita. Apabila tubuh ada masalah, coba atasi dengan tidur karena dalam tidur tubuh mengalami tune-up yang sistematis dan otomatis.

Kita seharusnya selalu mengingat Allah dalam setiap kesempatan, mulai dari tidur sampai tidur lagi. Dengan tidur, Allah menunjukkan kebesarannya dan manusia adalah makhluk yang lemah karena mengantuk dan perlu tidur. Di dunia ini tidak ada makhluk yang tidak perlu tidur, ini merupakan kelemahan manusia, karena tidak ada yang dapat disombongkan dalam diri ini karena harus perlu tidur. Dengan berdo'a sebelum tidur dan sesudah tidur berarti kita selaku hamba Allah selalu mengingat Allah selaku Rab kita. Adapun do'a yang berkaitan dengan tidur sebagai berikut :

Doa sebelum tidur
بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَاوَأَمُوتُ

bismikallahumma ahya wa amutu

Artinya :
"Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan mati"

(Untuk doa sebelum tidur tersedia dalam versi audio/mp3, bisa diunduh di sini)

Doa bangun tidur
Setelah bangun tidur, bacalah doa:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

alhamdulillahil ladzi ahyana ba’da ma amatana wailaihin nusyur

Artinya :
"Segala puji bagi Allah yang menghidupkan aku kembali setelah mematikan aku dan kepada Allah akan bangkit"

(Untuk doa bangun tidur tersedia dalam versi audio/mp3, bisa diunduh di sini)

Keterangan :

Doa ini berdasarkan hadits nabi dari Riadust Shalihin :

عَنْ حُذَيْفَةَ وَأَبِىذَرٍّ رَضِىَاللّهُعَنْهُمَا قَالَ : كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَاأَوَى إِلىَ فِرَاشِهِ قَالَ : بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَاوَأَمُوتُ ، وَإِذَااسْتَيْقَظَ قَالَ : اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ . رَوَاهُ الْبُخَارِىُّ

Artinya :
Hudzaifah r.a. dan Abu Dzarr keduanya berkata : Adalah Rasulullah saw. jika akan tidur membaca : bismikallahumma ahya wa amutu (Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan mati), dan apabila bangun tidur membaca ; alhamdulillahil ladzi ahyana ba’da ma amatana wailaihin nusyur (Segala puji bagi Allah yang menghidupkan aku kembali setelah mematikan aku dan kepada Allah akan bangkit). (Bukhari)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Menghilangkan Latar Belakang (Background) Putih pada Gambar/Foto dengan Corel PHOTO-PAINT X6

Doa Ketika Memakai dan Melepas Pakaian

Lia, Kakak Angkat Obama yang Tidak Diakui