Soft Skill

Dari tanggal 27 hingga 30 Juni 2012, aku mengikuti pelatihan dalam tajuk “Softskill” yang diselenggarakan sebuah lembaga manajemen terapan di lingkungan kampusku, di Politeknik Negeri Samarinda. Tapi, apa, sih, softskill (yang katanya-kata siapa-belum ada padanannya dalam bahasa Indonesia) itu?

Soft skill adalah suatu kemampuan, bakat, atau keterampilan yang ada di dalam diri setiap manusia. Soft skill adalah kemampuan yang dilakukan dengan cara non teknis, artinya tidak berbentuk atau tidak kelihatan wujudnya, karena berwujud sebuah prilaku yang membangun suatu karakter manusia untuk bisa menggunakan EQ (Emotional Intelligence Quotient).

Pada dasarnya setiap manusia mempunyai softskillnya masing-masing, tetapi hanya pengimplementasiannya yang mungkin berbeda. Softskill mengembangkan kepribadian seseorang untuk menjadi lebih baik.

Pada jaman ini banyak persaingan di dunia kerja, bahkan persaingan tersebut tidak meliputi kemampuan hardskill tetapi softskill sangat berperan penting disini. Biasanya perusahaan membutuhkan karyawan yang cekatan dalam bekerja, selalu mempunyai inisiatif, bisa bekerja secara tim dan bisa mengembangkan diri disebuah organisasi.

Softskill dibagi menjadi 2 kategori yaitu intrapersonal skill dan interpersonal skill. Masing-masing dari kategori tersebut mempunyai arti tersendiri.
a) Intrapersonal skill adalah ketrampilan seseorang dalam mengatur dirinya sendiri untuk pengembangan kerja secara optimal.
b) Interpersonal skill adalah ketrampilan seseorang dalam hubungan dengan orang lain untuk pengembangan kerja secara optimal.

Butuh usaha keras untuk mengubahnya. Tetapi, soft skills bukan sesuatu yang stagnan. Soft skill hanya bisa ditularkan, bukan diajarkan.
Cara meningkatkan soft skills adalah sebagai berikut :
Learning by doing. Soft skill bisa diasah dan ditingkatkan seiring dengan pengalaman dalam dunia kerja/berorganisasi.
• Berinteraksi dan melakukan aktivitas dengan orang lain.
• Mengikuti pelatihan-pelatihan / seminar tentang manajemen.

Jadi yang maksud soft skill itu kemampuan yang terdapat pada diri setiap manusia yang dapat berkembang seiring pengetahuan tentang yang ada dalam diri setiap orang tersebut tentang bagaimana menjalani hidupnya dan mengantisipasi setiap masalah yang dihadapinya saat itu.

(dari berbagai sumber)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Menghilangkan Latar Belakang (Background) Putih pada Gambar/Foto dengan Corel PHOTO-PAINT X6

Doa Ketika Memakai dan Melepas Pakaian