Cara Mengatasi Pusing

Pusing merupakan sebuah gangguan yang memengaruhi kinerja tubuh, yang kemudian menjalar memengaruhi keseimbangan tubuh. Kadang-kadang pusing juga bisa diakibatkan oleh pengaruh obat. Gejala pusing dapat menimpa siapa saja dan tidak mengenal usia.

Pusing biasanya disebabkan oleh banyak hal baik itu dari sakit yang anda alami mau pun dari beban pikiran yang menumpuk dan belum terselesaikan. Bila pusing telah menyerang maka segala kegiatan anda akan terganggu sebab anda tidak akan bisa berkonsentrasi lagi selama mengerjakan pekerjaan sebab rasa mengganggu yang diakibatkan oleh pusing.

Namun penyebab pusing yang paling banyak kita jumpai adalah pusing akibat masuk angin dan pusing akibat pikiran yang tegang. Nah, untuk pusing yang seperti ini termasuk ringan. Namun jika pusing yang anda alami termasuk berat maka ada baiknya anda segera berkonsultasi ke dokter agar bisa mendapatkan solusinya. Sedangkan untuk pusing yang termasuk ringan, anda dapat menghilangkannya melalui beberapa cara menghilangkan pusing berikut ini.

1. Minum Air Putih

Jika anda pusing bisa jadi itu disebabkan oleh dehidrasi. Ketika anda dehidrasi darah akan mengental dan akan memperlambat laju darah sehingga suplai oksigen ke daerah kepala terganggu mengakibatkan kita merasa pusing. Cobalah untuk duduk kemudian minumlah air putih secara perlahan. Tenangkan diri sebentar sampai cairan tubuh tergantikan dan pusing berangsur hilang.

2. Mengatur Nafas

Cobalah sejenak untuk mengatur nafas panjang secara perlahan agar udara yang terhirup lebih banyak sehingga asupan oksigen lebih maksimal. Agar lebih rileks cobalah barengi dengan posisi senyaman mungkin kemudian pejamkan mata anda. Dengan cara ini ketegangan pada mata yang memacu kerja otak akan menjadi sedikit mengendur.

3. Jauhi Komputer

Bisa jadi pusing yang anda rasakan akibat terlalu lama berhadapan dengan komputer. Cobalah sejenak untuk menjauh dari komputer agar radiasi yang anda rasakan tidak berkelanjutan kemudian cobalah juga untuk melihat daun-daun segar yang berwarna hijau, dengan begini akan membuat mata anda menjadi rileks.

4. Menekan Hidung

Cobalah untuk menekan hidung bagian atas dekat mata menggunakan telunjuk dan ibu jari anda. Cara ini cukup efektif dan saya yakin anda pasti pernah melakukan cara ini walaupun tidak sengaja saat anda sedang merasa pusing.

5. Minum Teh Hangat

Cara ini cukup efektif untuk menghilangkan pusing. Bisa jadi pusing yang anda rasakan akibat masuk angin, dengan meminum teh hangat maka anda akan memudahkan mengeluarkan angin dari tubuh anda. Bila anginnya keluar maka pusing akan segera hilang. Tanda anginnya keluar biasanya anda akan mual kemudian sedikit muntah.

6. Berendam di Air Hangat

Untuk mengurangi pusing yang anda rasakan, anda bisa berendam di air hangat sehingga anda akan merasa rileks dan mengendurkan syaraf-syaraf anda yang tegang akibat lelah beraktivitas seharian.

7. Pijit

Untuk menghilangkan pusing bisa anda lakukan dengan cara dipijat karena ada kemungkinan pusing yang anda rasakan diakibatkan oleh masuk angin. Selain itu dengan melakukan pemijatan akan merilekskan otot-otot dan syaraf yang tegang sehingga peredaran darah menjadi lancar. Dengan lancarnya peredaran darah maka suplai oksigen ke otak pun jadi lebih maksimal dan pusing pun akan berkurang. (berbagai sumber)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Menghilangkan Latar Belakang (Background) Putih pada Gambar/Foto dengan Corel PHOTO-PAINT X6

Doa Ketika Memakai dan Melepas Pakaian