Penyangkalan Wikipedia Terhadap Tuduhan Mendukung Jokowi

Artikel Joko Widodo yang tampil di Halaman Utama Wikipedia bahasa Indonesia per 30 Mei 2014.

Mulai beberapa hari ke depan sejak tanggal 30 Mei, Halaman Utama (HU) Wikipedia bahasa Indonesia (WBI / WPID) menampilkan Artikel Pilihan (AP) Joko Widodo. Hal ini bukan berarti WBI mendukung Joko Widodo dengan memanfaatkan momen-momen jelas Pilpres tahun ini, melainkan sudah ada prosedur yang ditentukan apakah Jokowi layak masuk AP dan tampil di HU.

Status dari seseorang dari pertalian teman di Facebook yang menuding
Wikipedia memihak Jokowi.

Artikel Pilihan (AP) adalah artikel-artikel terbaik di Wikipedia, yang ditentukan oleh komunitas. Sebelum dimasukkan ke dalam daftar ini, artikel-artikel tersebut dinilai dan dibahas di Halaman Pengusulan, untuk memastikan keakuratan, kenetralan, kelengkapan, dan gaya penulisan, berdasarkan kriteria AP. Di WBI, AP adalah penghargaan tertinggi dan prestisius terhadap suatu artikel yang dibuat oleh penulis yang merupakan kontributor sukarelawan Wikipedia.


Ada pun kriteria AP antara lain:
1. Ditulis dengan baik, komprehensif, memiliki fakta akurat, netral, dan stabil.
2. Sesuai dengan standar yang diatur dalam pedoman gaya dan ProyekWiki yang sesuai.
3. Memiliki gambar yang tepat untuk subyek, dengan keterangan gambar yang mencukupi dan status hak cipta yang dapat diterima.
4. Memiliki panjang yang pantas, tetap fokus pada topik utama tanpa terlalu menggali detil yang tak perlu.

Kriteria AP selengkapnya bisa dibaca di sini.


Artikel yang diajukan akan melalui proses pemungutan suara. Ada pun suara yang diberikan adalah setuju dengan/tanpa alasan, tidak setuju dengan alasan, dan abstain. Jika suara setuju lebih banyak, maka artikel tersebut tinggal diajukan ke halaman pemungutan suara untuk pengusulan jadwal tayang di HU. Setelah mendapat jadwal tayang di HU melalui proses pemungutan suara, maka artikel tinggal menunggu jadwal tayang.

Pengusulan jadwal tayang AP Joko Widodo.

Tidak dapat dipungkiri jika sebagian kontributor sukarelawan Wikipedia juga condong memihak terhadap objek tertentu dalam berkontribusi, baik itu objek politik, tokoh, hingga geografi. Setidaknya ada beberapa kontributor Wikipedia yang penulis pantau berafiliasi kepada objek tertentu, misalnya seorang kontributor yang merupakan suruhan dari sebuah partai politik menyunting artikel partai politik ybs di Wikipedia, atau, seorang kontributor yang sering menyunting artikel daerah tertentu karena kontributor ybs berasal dari daerah tersebut. Namun, Wikipedia dapat mencegah jika objek yang disunting oleh seorang kontributor tidak netral (berat sebelah) dan bertentangan dengan prinsip Wikipedia. Pencegahan tersebut bisa dilakukan oleh pengurus, editor, bahkan pengguna biasa sekali pun.

Jangan sekali-kali Anda menggerutu "kok artikel Jokowi panjang tetapi artikel tokoh favorit saya sedikit" atau meminta "Wiki tolong dong ditambahi isi dari artikel tokoh favorit saya" karena hal tersebut termasuk kesia-siaan. Bukan Wikipedia yang menambah isi dari artikel Jokowi, tetapi kontributor sukarelawan. Wikipedia hanyalah sebagai fasilitator. Jika Anda ingin artikel tokoh favorit Anda panjang, alih-alih bisa masuk AP di HU, masuklah dan menyelamlah ke dalam sistem Wikipedia. Caranya dengan mendaftar, membaca peraturan yang berlaku, dan berkontribusi. Kontribusi yang dimaksud bisa berupa membuat artikel baru, memperbaiki artikel yang ada (baik dari segi tata kata dan ejaan), atau mencegah aksi vandalisme artikel yang membuat kualitas artikel menurun.

Akhir kata, selamat menyelam. Salam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Menghilangkan Latar Belakang (Background) Putih pada Gambar/Foto dengan Corel PHOTO-PAINT X6

Doa Ketika Memakai dan Melepas Pakaian