Fungsi dan Manfaat Handuk: Mulai dari Membersihkan Badan hingga Menurunkan Berat Badan

Handuk adalah sebuah benda yang biasa digunakan untuk membersihkan bagian badan, mulai dari badan kita yang basah hingga kering agar bisa menjaga kelembaban badan. Handuk sudah sedemikian dekat dengan keseharian kita karena setiap hari kita mandi dan setiap hari pula kita perlu handuk.

Seiring perkembangan zaman, jenis-jenis handuk mulai banyak, mulai dari handuk khusus badan, wajah, kaki, punggung, dll.

Berikut ini delapan jenis handuk serta kegunaannya:

1. Napkin
Handuk ini biasa disebut dengan serbet, dengan bahan yang lembut dan juga elastis. Handuk ini sangat cocok disediakan di meja makan. Anda bisa menggunakannya untuk mengelap makanan atau sisa makanan yang berantakan.

2. Headwear
Handuk seperti ini biasa disebut dengan bandana yang digunakan untuk kebutuhan salon, tapi Anda pun dapat menggunakannya sebagai kebutuhan kegiatan cantik Anda di rumah, tentunya sangat efektif. Dengan bahan yang tebal dan halus ini sangat nyaman untuk digunakan untuk Anda. Jadi kegiatan seperti spa atau massage bisa menggunakan handuk dengan bahan ini agar lebih nyaman.

3. Handtowel
Handuk ini adalah jenis yang sangat multifungsi, mulai dari kebutuhan anak yang sedang berkemah, kegiatan sekolah, ekstrakurikuler, dll. Misalkan ketika Anda sedang melakukan kegiatan yang menguras keringat maka handuk ini pilihannya.

4. Traveltowel
Anda suka dengan perjalanan? mungkin jenis ini sangat cocok untuk kalian. Handuk ini sangat cocok digunakan untuk berpergian jauh, atau untuk anak yang sedang berkemah, kegiatan disekolah, dll. Dengan kualitas bahan yang lembut, handuk ini cocok digunakan dalam segala kegiatan. Jadi jangan lupa sertakan handuk jenis ini setiap ingin berpergian jauh.

5. Bathrobe
Jenis handuk yang satu ini disebut mantel mandi, modelnya yang seperti kimono sangat fashion digunakan saat berenang, setelah sauna, maupun setelah mandi. Model yang variatif, elegan, dan bahan yang lembut sangat cocok digunakan pria maupun wanita.

6. Hairwrap
Jenis handuk ini berfungsi untuk rambut Anda yang masih dalam keadaan basah dan tidak sempat mengeringkan rambut saat berangkat kantor. Handuk ini tidak mudah lepek, lembut dan nyaman digunakan. Tanpa hairdryer pun Anda masih bisa mengeringkan rambut Anda.

7. Facetowel
Jenis handuk satu ini cocok untuk wajah yang memang khusus dan tidak digunakan bagi tubuh. Bahan dari handuk ini sangat lembut dan tidak akan melukai wajah.

8. Bathmat
Handuk ini sejenis alas kaki / keset yang terbuat dari handuk dengan kualitas bahan yang lembut, elastis dan tidak mudah berjamur. Selain itu ada berbagai pilihan handuknya dengan variasi warna dan model serta motif yang beragam. Selain itu Bathmat juga dapat menyerap air dan tidak mudah lepek.

Bahkan kini ada metode penurunan berat badan dengan media handuk. Metode penurunan berat badan dengan media handuk ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang dokter asal Jepang bernama Dr. Fukucudzi. Beliau menggunakan metode unik ini untuk membantu salah seorang pasiennya yang memiliki masalah berat badan selama lebih dari satu dekade. Hasilnya sungguh luar biasa, si pasien yang menggunakan metode tersebut mampu menurunkan berat badannya tanpa memerlukan diet yang ketat, olahraga berat atau bahkan mengeluarkan banyak biaya untuk membeli suatu obat karena yang diperlukan hanya cukup berbaring dan tidak melakukan apa–apa, proses akan berjalan dengan sendirinya.

Anda pun bisa melakukan sendiri metode ini di rumah, dan yang perlu Anda persiapkan antara lain:

- Lantai datar, untuk menopang tubuh Anda.
- Satu buah kain berukuran besar (handuk)
- Seutas tali yang kuat.
- Waktu 5 menit dalam sehari.

Langkah – langkahnya:

Pertama, gulung kain atau handuk tadi dengan parameter sebagai berikut: 40 cm panjang gulungan dan 7 – 10 cm untuk ketebalan gulungannya. Selanjutnya ikat gulungan ini dengan tali agar tidak memudar.

Setelah itu, berbaringlah diatas permukaan datar, bisa itu lantai atau tempat tidur. Letakkanlah handuk dibawah punggung Anda, tepat lurus dibagian bawah pusar. sedangkan posisi jempol kaki saling bersentuhan (di bagian ujung), dengan cara tumit agak diregangkan  dalam jarak antara 20 – 25 cm. Pertahankan lebar antara kaki dan pundak Anda.

Meskipun terdengar mudah, dalam praktiknya mempertahankan posisi seperti ini cukup sulit untuk dilakukan. Anda harus mempertahankan posisi ini setidaknya selama lima menit, semakin lama semakin bagus jika Anda mampu. Latihan ini harus dilakukan secara teratur, meskipun pada awal–awalnya kemungkinan Anda akan merasa suatu ketidaknyamanan.

---

Referensi:
[1], [2], dan [3]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Menghilangkan Latar Belakang (Background) Putih pada Gambar/Foto dengan Corel PHOTO-PAINT X6

Doa Ketika Memakai dan Melepas Pakaian